Skip to content

Pengobatan Wasir / Hemorrhoid

July 31, 2011

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan pengobatan untuk hemorrhoid saya. Setelah 5 tahun menderita penyakit ini, saya tidak memiliki alternatif lain selain pengobatan yang intensif. Saya menyadari bahwa begitu banyak orang telah menderita penyakit ini, tetapi sangat sedikit yang berbagi tanpa harus diiming-imingi dengan promosi yang menyesatkan. Semoga sharing saya ini membantu :)

Bagi anda yang menderita hemorrhoid, perlu disadari dulu bahwa ada beberapa tingkatan hemorrhoid/wasir. Saya orang awam, sehingga bahasanya memang bakalan awam.

  • Grade I:  Wasir internal, tidak keluar saat buang air besar.
  • Grade II: Wasir keluar saat buang air besar, tetapi langsung masuk dengan sendirinya.
  • Grade III: Wasir keluar saat buang air besar, harus dimasukkan dengan tangan.
  • Grade IV: Wasir keluar saat buang air besar, dan tidak bisa lagi dimasukkan dengan tangan

Untuk wasir di grade atau tingkatan awal, sangat penting bagi anda untuk mempertimbangkan hidup sehat yang sangat dianjurkan. Mulai dari konsumsi sayur-sayuran berserat tinggi, dan minum air putih setidaknya 6-8 gelas sehari. Kurangi daging merah seperti daging sapi dan kambing, dan perbanyak makan buah. Beberapa buah dianggap kontroversial – ada yang menganggap bagus, tetapi ada yang menganggap justru memperparah, di antaranya:
- Pisang. Getah pisang dianggap lengket dan justru akan memperparah wasir. Padahal, serat yang ada di buah pisang justru sangat baik untuk memperlancar buang air besar.
- Jeruk, dan buah-buahan asam lainnya. Mungkin belum ada penelitian ilmiah yang membenarkan ini, tetapi beberapa penderita lain mengkonfirmasikan bahwa buah-buahan asam memang memperparah kondisi wasir.
- Alkohol dan makan-makanan yang berfermentasi sehingga beralkohol, seperti durian dan tape.

Untuk wasir yang telah berada di tingkatan akhir, ada beberapa yang dapat dilakukan.

1. Operasi untuk menghilangkan wasir (hemorrhoidectomy). Operasi ini cukup menakutkan karena rasa sakit yang akan diderita pasien. Bukan menakut-nakuti, tetapi memang daerah anus memiliki banyak syaraf yang menyebabkan rasa sakit yang hebat saat dilakukan tindakan.

Yang mungkin perlu anda pertimbangkan pada saat anda akan operasi adalah penggunaan staple, jadi dinamakan Stapled Hemorrhoidectomy. Dengan metode yang baru ini, rasa sakit dan lama penyembuhan dapat berkurang secara signifikan. Tanya dokter anda mengenai kemungkinan penggunaan staple. Hanya saja, mungkin ada penambahan biaya dengan penggunaan staple ini.

Konsultasi yang harus anda lakukan adalah ke dokter bedah, baik dokter bedah umum atau dokter bedah digestif. Pastikan anda menanyakan prosedur yang akan dilakukan dokter anda. Ingat, dokter bedah seringkali menenangkan anda seakan-akan tindakan ini adalah tindakan kecil yang tidak terlalu menyakitkan. Untuk mendapatkan kebenarannya, segala macam perkataan dokter harus anda cross-check dengan informasi di luar sana. :)

2. Alternatif dari operasi adalah tindakan yang dinamakan Rubber Band Ligation. Wasir akan diikat, sehingga tidak akan mendapatkan suplai darah. Dalam waktu sekitar 1-2 minggu, wasir akan copot dengan sendirinya saat buang air besar. Metode ini konon dilakukan oleh Prof Bafar di Klinik Bafar, Jl. Bungur Besar No. 53 H, Jakarta Pusat. Telp. 4205581 – 4245053 Fax.4245053 HP 0812-9888786. Untuk Surabaya, Jl. Tembaan No.5 Surabaya Telp. 031-5475760. Prof Bafar melengkapi tindakan ini dengan obat salep dan lainnya yang akan mengempiskan wasir tersebut.

3. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan penggunaan laser dan inframerah (infrared). Penggunaan laser biasanya dilakukan untuk pengoperasian juga, dengan rasa sakit dan dampak yang tidak separah operasi biasa. Penggunaan infrared coagulator (IRC) bahkan digembar-gemborkan lebih tidak menimbulkan rasa sakit. Sayang sekali, saya belum mendengar tindakan ini di Indonesia.

Ada beberapa pengobatan dengan laser yang berupaya mematikan sel-sel wasir. Laser akan ditempelkan ke wasir, sehingga wasir akan terasa panas dan akhirnya mati. Terapi ini dilakukan, misalnya, oleh Dr. Oetomo di Kemanggisan. Simak di link ini: 
http://laserpuntur.wordpress.com/category/wasir/
Untuk grade yang tinggi, alternatif ini tidak saya rekomendasikan.

4. Schlerotherapy. Tindakan ini dilakukan melalui injeksi kepada wasir, sebagaimana dapat dilakukan kepada varises. Hal ini dilakukan, di antaranya, oleh Dr. Niko Manaf di RS Kartika Pulomas dan Dr. Tan Suhardi di RSPAD Gatot Subroto.

Lihat kesaksiannya di http://rusdimathari.wordpress.com/2008/01/19/dr-niko-wasir-dan-pengalaman-saya/

Saya termasuk yang diobati oleh Dr Niko Manaf, yang berkeyakinan bahwa selain injeksi dilakukan di wasir untuk mengempiskannya, suntikan juga dilakukan untuk memperkuat otot-otot anus sehingga wasir tidak timbul lagi. Hal ini dilakukan karena sebetulnya dengan schlerotherapy kemungkinan wasir muncul kembali masih ada.

Jika anda memilih metode ini, biasanya tindakan akan dilakukan pada pukul 11. Malam sebelumnya anda diharuskan puasa, dan pada pagi harinya dibolehkan minum teh manis 2 gelas. Sebelum tindakan dilakukan, anda akan dibius spinal (bukan bius total), sehingga bagian bawah anda akan mati rasa. Tindakan akan berlangsung selama sekitar 45 menit, dan setelah itu akan ada tampon yang dimasukkan ke dalam anus anda dan anda diharuskan untuk berbaring selama 24 jam penuh. Tindakan ini tidak menyakitkan sama sekali, hingga saat biusnya hilang mulai pukul 9 malam. Selama 12-18 jam lebih rasa sakit akan anda rasakan, hingga tampon itu diambil sekitar jam 15 keesokan harinya. Selama 2 hari anda akan dipasang kateter, yang mungkin juga menyakitkan. Namun setelah itu, rasa sakit akan sangat berkurang.

Setelah itu, terapi dilanjutkan dengan rendaman PK (Kalium Permanganat) untuk anus anda selama 2 minggu. Anda akan menjadi vegetarian selama 2 minggu tersebut, dan kemudian berangsur-angsur dapat makan daging. Mulai dari daging putih, lalu daging merah, hingga akhirnya anda dibolehkan makan telur setelah bulan ketiga. Anda tidak diperbolehkan untuk menyetir, bersepeda, atau naik motor.

Anda mungkin akan mengalami kesulitan buang air besar. Rasa nyeri akan dialami saat harus mengedan, sehingga biasanya anda harus mengkonsumsi obat pereda rasa sakit dan obat pencahar selama 2 minggu.

Terlepas dari tindakan yang akan anda pilih, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter dan informasi lain. Dokter bukan Tuhan, dan seringkali tidak memiliki keleluasaan untuk terus berdiskusi; namun adalah kewajiban anda sebagai pasien untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dan melakukan yang menurut akal sehat adalah yang terbaik.

Good luck.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: